– Mataram, 16 Agustus 2024 – Dalam rangka persiapan Visitasi Lapangan Akreditasi di Fakultas MIPA Unram, UP Percepatan Akreditasi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Visitasi Akreditasi yang dilaksanakan secara daring pada hari rabu, 14 Agustus 2024 dan luring pada Hari Kamis dan Jum’at tanggal 15 dan 16 Agustus 2024. Bimtek Visitasi Akreditasi ini diikuti oleh Dekan FMIPA, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Kaprodi seluruh Prodi di FMIPA, Tim Akreditasi S1 Biologi, Fisika dan Kimia, tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM) dan Badan Pengelola Penelitian dan Pengabdian Fakultas (BP3F). Bimtek Visitasi Akademik secara daring dilakukan dengan melakukan meeting online yang diisi pemaparan oleh dr. Nurhidayati., M.Kes (Ketua UP Percepatan Akreditasi) tentang segala persiapan matang yang diperlukan untuk menyambut asesmen lapangan dengan membedah secara tuntas setiap kriteria.

Pelaksanaan Bimtek dilanjutkan secara luring di Gedung Aula FMIPA yang tidak hanya diikuti oleh seluruh civitas akademika FMIPA namun juga perwakilan mahasiswa, alumni serta pengguna lulusan. Sesi pertama di hari Kamis adalah sesi dengan pimpinan UPPS berupa presentasi Profil UPPS oleh Dekan Fakultas MIPA, Dr. Rahadi Wirawan, S.Si.,M.Si. dan konfirmasi kebijakan makro dan pelaksanaan pengelolaan Perguruan Tinggi. Sesi kedua adalah sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal (GPM) untuk konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI.  Sesi ketiga adalah sesi dengan program studi yang dilakukan oleh Ketmasing-masing Prodi Biologi, Fisika dan Kimia. Sesi selanjutnya adalah sesi dengan tim akreditasi untuk konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED).

Sesi pertama pada Hari Jum’at adalah sesi dengan alumni dan pengguna lulusan untuk konfirmasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari stakeholders eksternal terkait luaran Perguruan tinggi. Sesi kedua adalah sesi dengan mahasiswa untuk konfirmasi keterlibatan, pelayanan dan kepuasan mahasiswa. Sesi selanjutnya adalah wawancara dengan dosen dan tenaga kependidikan untuk konfirmasi keterlibatan, pelayanan dan kepuasan mahasiswa. Pada sesi terakhir adalah pemberian umpan balik dari asesor UP Percepatan Akreditasi. Segala upaya yang dilakukan ini diharapkan mampu memberi kesiapan yang matang sehingga dapat meraih predikat unggul.