9 Juni 2024 – Mahasiswa Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Mataram menggelar pameran hasil pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Mata Kuliah Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dilaksanakan di Car Free Day Udayana, hari Minggu, 9 Juni 2024. Pameran ini dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, yakni Ibu Dr. Immy Suci Rohyani, S.P., M.Si, Prof. Dr. Drs. H. Ahmad Jupri, M.Eng, dan Isrowati, M.Sc. Acara dimulai dengan pawai yang melibatkan mahasiswa Ilmu Lingkungan Angkatan 2022 serta mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan Project Based Learning memamerkan tanaman-tanaman eksotis dari berbagai desa adat di Pulau Lombok. Mahasiswa juga aktif dalam mensosialisasikan upaya konservasi tanaman kepada pengunjung. Pada akhir acara, mahasiswa angkatan 2022 membagikan bibit tanaman kepada pengunjung sebagai upaya untuk mendorong partisipasi aktif dalam upaya konservasi lingkungan. Acara pameran ini berhasil menarik perhatian banyak pengunjung yang hadir di Car Free Day Udayana. Para pengunjung pameran merasa antusias melihat dan belajar lebih lanjut tentang kekayaan alam serta upaya pelestariannya yang dilakukan oleh mahasiswa. Diskusi dan interaksi langsung dengan mahasiswa juga memberikan pengalaman edukatif yang berkesan bagi masyarakat umum. Semoga dengan kegiatan pengenalan tanaman eksotis dan sosialisasi upaya konservasi tanaman bisa dipahami oleh masyarakat.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi bukti nyata dari dedikasi mahasiswa Ilmu Lingkungan Universitas Mataram dalam konservasi lingkungan, tetapi juga sebagai inspirasi bagi generasi muda untuk turut serta dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup di masa depan.