Tim Pengabdian Program studi Fisika Fakultas MIPA Universitas Mataram (Unram) yang diketuai oleh Nurul Qomariyah, M.Si menggelar pendampingan pengembangan alat peraga fisika sederhana berbasis mikrokontroler pada guru-guru SMA yang tergabung dalam komonitas MGMP Fisika sekabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 09 Oktober 2018 di SMAN 2 Labuapi .

Dalam kegiatan kali ini tim dosen fisika yang terdiri dari Dr. Rahadi Wirawan, Nurul Qomariyah,M.Si dan lily Maysari Angraini M.Si. menyadari betul pentingnya motode eksperimen dalam pembelajaran fisika karena fisika sebagai ilmu pengetahuan alam membutuhkan eksperimen-eksperimen dan pengamatan-pengamatan dalam proses penggalian dan penanaman konsep fisika secara utuh. Menurut beberapa guru fisika yang menjadi peserta didik, pembelajaran fisika yang terjadi selama ini hanya berkutat pada pemberian materi di dalam kelas serta latihan soal-soal yang dilakukan dengan metode ceramah. Oleh karena itu Tim Pengabdian melakukan pendampingan pengembangan alat peraga fisika sederhanaa berbasis mikrokontroler.

Pengembangan alat peraga ini merupakan implementasi penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di dunia pendidikan. Pemanfaatan tekonologi dalam pengembangan alat peraga dapat membuat guru dan siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Pengembangan laboratorium fisika berbasis mikrokontroller mempunyai keunggulan berupa kemudahan dalam menciptakan instrumentasi, diharapkan melalui pendampingan ini para guru dapat mengembangkan alat peraga fisika sederhana untuk menunjang pembelajaran fisika di sekolah masing – masing.