Visi PS Statistika:

Menghasilkan lulusan statistika unggul, berdaya saing internasional, memiliki kompetensi statistika dan sains data dalam pengembangan sumber daya lokal khususnya pada bidang sosial dan humaniora, ilmu hayati, serta ekonomi dan industri.

Misi PS Statistika:

  1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran Statistika yang berbasis riset sumberdaya alam lokal dan berkualitas dalam rangka menghasilkan sumberdaya manusia berwawasan global yang dilandasi nilai iman dan taqwa.
  2. Melaksanakan kegiatan riset Statistika berbasis sumberdaya alam lokal yang mampu menghasilkan Ipteks berdaya saing internasional, mendukung kegiatan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset sumberdaya alam lokal dalam rangka membangun budaya, sosial dan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Melaksanakan administrasi pendidikan yang efisien, efektif dan transparan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan PS Statistika:

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, memiliki kompetensi akademik yang mumpuni dalam bidangnya, berwawasan global, mampu mengembangkan diri dengan pembelajaran sepanjang hayat sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional di era globalisasi. (TP-1)
  2. Menghasilkan produk riset dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis sumberdaya alam lokal yang dapat menambah hasanah ilmu pengetahuan, dan dapat dijadikan rujukan dalam rangka pemecahan berbagai persoalan-persoalan nasional, regional dan internasional. (TP-2)
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil riset dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang berbasis sumberdaya alam lokal dalam rangka ikut serta memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi, sosial dan budaya bangsa Indonesia. (TP-3)
  4. Menjalin kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tridharma pendidikan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional. (TP-4)
  5. Melaksanakan sistem administrasi pendidikan yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel (good university governance) yang mengacu pada standar tata kelola Fakultas, dalam rangka mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional. (TP-5)

 Strategi PS Statistika:

  1. Tercipta dan terlaksananya suatu sistem pendidikan tinggi berstandar mutu nasional dan internasional yang berbasis riset yang kuat di Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Mataram, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki kompetensi dalam bidangnya, dan berwawasan global.
  2. Tercipta dan terlaksananya suatu sistem riset berstandar mutu nasional dan internasional di Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Mataram, sehingga mampu menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan, menjadi rujukan pemecahan masalah di masyarakat, mendukung proses pembelajaran bermutu kepada mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan.
  3. Tercipta dan terlaksananya suatu sistem pengabdian kepada masyarakat yang didasarkan pada hasil-hasil riset di Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Mataram, sehingga dapat memberikan kontribusinya secara signifikan dalam memecahkan berbagai persoalan yang timbul di masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan membangun sosial serta budaya masyarakat Indonesia.
  4. Terciptanya jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun swasta, di dalam dan luar negeri, sehingga mampu mendukung pelaksanaan Tridharma Pendidikan Tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional.
  5. Terciptanya suatu sistem tata kelola aset, keuangan, dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola Program Studi Statistika Fakultas MIPA Universitas Mataram yang baik, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel, dalam rangka mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional.
Home/Uncategorized/Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi Statistika