Dalam rangka  pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat, tim dosen dari Program Studi Universitas Mataram (Unram) yang diketuai oleh Dr. Maria Ulfa menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan limbah kopi menjadi produk kimia yaitu aromaterapi. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 13 Oktober 2018 di MAN 1 Selong Kabupaten Lombok Timur dengan melibatkan siswa kelas X dan XI serta beberapa guru IPA sebagai masyarakat sasaran kegiatan.

Pada kegiatan ini peserta diberikan pemahaman begitu pentingnya mengolah limbah menjadi suatu produk yang bernilai jual tinggi karena selain dapat menjaga kelestarian lingkungan juga dapat meningkatkan perekonomian. Di samping itu para peserta dirangsang kreativitasnya dalam berkarya menghasilkan produk aromaterapi yaitu lilin dan scrub wajah dengan inovasi masing-masing. Target jangka panjang dari kegiatan ini akan dihasilkan diversifikasi produk aromaterapi dan terbentuknya usaha bersama sebagai wujud kemandirian dalam berwirausaha dengan pelatihan dan pendampingan yang berkesinambungan.

Materi pelatihan dan pembinaan yang diberikan berdasarkan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pemanfaatan bahan-bahan aromaterapi dan aplikasinya bagi kesehatan. Pesera sangat antusias dan berhasil membuat produk aromaterapi dengan penuh kreativitas.