Mahasiswa saat ini, selain dituntut untuk belajar di kelas juga dituntut melakukan praktikum ataupun penelitian di Laboratorium. Bagi mahasiswa MIPA (matematika dan ilmu pengetahuan) berkutat melakukan eksperimen di Laboratorium adalah suatu hal yang biasa. Laboratorium ini dapat berupa alam terbuka ataupun laboratorium pada umumnya di suatu gedung. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa di MIPA familiar dengan aturan-aturan yang ada di Lab karena keterbatasan pengetahuan dan kurangnya sosialasi tentang aturan ataupun prosedur ketika bereksperimen di Lab. Padahal jika terjadi suatu kesalahan atau kecelakaan di Lab akan sangat beresiko bagi mahasiswa tersebut ataupun orang-orang yang berada di sekitar Lab tersebut.
Oleh karena itu tim pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Dian W. Kurniawidi dan anggota yang terdiri dari Siti Alaa, Susi Rahayu, dan Sudirman telah melakukan Workshop Safety Lab di Gedung Laboratorium Fisika Dasar pada tanggal 23 Maret 2019. Pada awalnya kegiatan ini ditargetkan akan diikuti oleh 20 orang mahasiswa di lingkungan Fakultas MIPA, namun ternyata banyak yang antusias dengan kegiatan tersebut sehingga peserta yang datang lebih dari 50 orang.
Adapun materi-materi yang disampaikan antara lain pengetahuan umum tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Sikap dan Perilaku Kerja di Laboratorium, serta standard operating procedure (SOP) Penggunaan Bahan Kimia. Ketika materi disampaikan, peserta antusias mendengarkan. Saat diskusi sesi tanya jawab dibuka beberapa kali karena peserta antusias bertanya dan ingin mengetahui banyak hal.
Diakhir kegiatan peserta diminta untuk berkomitmen akan melaksanakan prosedur K3 yang tepat di Laboratorium, agar proses belajar mahasiswa di laboratorium dapat berjalan lancar serta aman untuk diri mahasiswa tersebut dan juga orang disekitarnya. Selain itu, peserta juga memberikan saran agar kegiatan serupa dapat dilakukan lagi dengan materi yang lebih detail dan peserta yang lebih banyak karena peserta menyadari bahwa materi K3 ini sangat penting dan kadang tidak mereka dapatkan di ruang kelas.

(Dian W. Kurniawidi1, Siti Alaa1, Susi Rahayu1, Sudirman2.)
1Dosen Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Mataram
2Dosen Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Mataram