Tim pengabdian pada masyarakat Kegiatan pengabdian BOPTN tahun 2018 di program studi fisika fakultas MIPA Universitas Mataram kali ini mengambil tema penerapan sekolah/madrasah aman bencana di SMK Kehutanan Qomarul Huda Narmada Lombok Barat. Kegiatan pengabdian yang digawangi oleh Lily Maysari Angraini M.Si, Syamsuddin, M.T, Dr. Rahadi Wirawan, Nurul Qomariyah, M.Si, Bakti Sukrisna M.Si dan Kadek Nova Anggarani M.Si ini merupakan kolaborasi antara tim pengabdian prodi fisika dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Geopark Rinjani, STIKES Widya Cipta Husada Malang, Palang Merah Indonesia (PMI) NTB, dan RSUD Provinsi NTB.

Kegiatan pengabdian ini dipusatkan di SMK Kehutanan Qamarul Huda Narmada Lombok Barat. Secara geografis lokasi sekolah ini terletak di kaki gunung rinjani. Diketahui bahwa daerah ini berada pada zona sesar naik Flores dengan resiko tinggi terjadi patahan yang menyebabkan gempa bumi.

Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode direct Instruction dan Focus Group Discuss, Praktik tim dan simulasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 16 – 18 April 2018. Pada tahap direct instruction dan focus group discuss peserta dibekali materi kebencanaan dan tahapan mitigasi bencana. Berikut materi pembekalan yaitu (1) pengenalan BKRK sekolah, (2) protap sekolah aman bencana, (3) mengenal jenis-jenis bencana, (4) mengenal penyebab bencana, (5) sistem peringatan dini saat terjadi bencana, (6) mengenal pertolongan pertama dan evakuasi, (7) mengenal dapur umum lapangan dan logistik.

Tahapan praktik tim, peserta dibagi menjadi 4 (empat) tim yaitu tim pertolongan pertama, tim SAR, tim korban dan tim dapur umum dan lapangan. Pada tahapan ini, semua tim dilatih tugas dan peran masing-masing. Tahapan terakhir adalah tahapan simulasi. Sebelum simulasi dimulai, peserta disosialisasikan jalur evakuasi yang sudah dibuat. Simulasi dimulai dari cara penyelamatan diri saat terjadi gempa bumi, cara evakuasi korban, pertolongan pertama pada korban, dan cara penanganan logistik korban.

Adapun hasil kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya (1) tim siaga bencana sekolah secara kolektif, (2) sikap dan tindakan, (3) kebijakan sekolah, (4) perencanaan kesiapsiagaan dan (5) mobilisasi sumberdaya.

(Lily Maysari Angraini Ms, Syamsuddin, Rahadi Wirawan, Nurul Qomariyah, Bakti Sukrisna, Kadek Nova Anggarani)

Foto Kegiatan