Prodi Fisika FMIPA UNRAM mengajak guru-guru SMP untuk mengoptimalkan penggunaan KIT IPA dalam proses pembelajaran IPA di dalam kelas. Media/alat peraga KIT IPA atau loan boxes merupakan salah satu media belajar yang berisi item-item yang berhubungan dengan unit pelajaran. Media KIT IPA ini di programkan pemerintah untuk membantu mencerdaskan anak bangsa dalam dunia pendidikan, namun dalam pengaplikasiannya berbeda-beda pada taip sekolah, penggunaanya yang sampai saat ini belum dimaksimalkan, seperti yang diungkapkan salah satu Guru MTS Qomarul Huda bahwa KIT IPA yang ada di sekolahnya, hanya tergeletak di Laborotirum saja.

Oleh karena itu dosen-dosen Fisika FMIPA Unram yang di ketuai oleh Bapak Rahadi Wirawan dan beberapa dosen lainnya diantaranya Nurul Qomariyah, Lily maysari A, Siti Alaa’, Syamsudin, dan Bakti Krisna berusaha mengoptimalan penggunaan KIT IPA dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dengan melakukan pendampingan. Penggunaan KIT IPA sebagai alat bantu dalam pembelajaran IPA dapat diintegrasikan dengan metode eksperimen. Diharapkan dari pendampingan ini dapat memaksimalkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menggunakan alat-alat tersebut, seperti penggunaan KIT  Mekanika, KIT Kalor, KIT Listrik dan KIT lainnya.

Kegiatan dilakukan di MTS Qomarul Huda dengan peserta didik guru-guru Sains di lingkungan Qomarul Huda dan SMP/ MTS setara di sekitar sekolah. Kegiatan  ini mampu meningkatkan motivasi guru dalam belajar Sains. Selain itu juga dapat memberikan pengetahuan kepada guru tentang alat KIT IPA dan cara penggunaannya dalam pembelajaran. Selanjutnya pada kegiatan Simulasi penggunaan KIT untuk melatih guru dalam mengajar pembelajaran Sains menggunakan KIT IPA. Dengan simulasi ini, guru mendapatkan pengalaman langsung dalam mensimulasikan KIT IPA sehingga dapat diaplikasikan dan memodivikasi KIT IPA untuk pembelajaran Sains di sekolah mereka.

Kegiatan ini juga memberikan pengalaman belajar baru terkait dengan motode pembelajaran Sains khusunya fisika. Selain itu, guru-guru Sains  juga bisa dapat merakit dan modifikasi Kit IPA yang nantinya dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran Sains, sehingga nantinya pembelajaran fisika yang sejatinya learn to do dan bersifat konstruktivisme dapat direalisasikan. Guru-guru terlihat sangat antusias dan termotivasi untuk melakukan proses pembelajaran Sains dengan menggunakan KIT IPA. Dengan demikian, pembelajaran Sains akan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat serta prestasi belajar siswa.