Visi & Misi Fakultas MIPA

 

visi-misi

 

VISI FAKULTAS MIPA

Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berbasis riset sumber daya alam lokal berdaya saing internasional pada tahun 2025.

MISI FAKULTAS MIPA

Untuk menuju visi yang telah ditetapkan, maka misi FMIPA Unram yang sejalan dengan fungsi Tridarma Pendidikan Tinggi meliputi misi pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat adalah :

  1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berbasis riset sumber daya alam lokal berdaya saing dan berkualitas dalam menghasilkan sumber daya manusia berwawasan global yang dilandasi keimanan dan taqwa.
  2. Melaksanakan kegiatan riset Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berbasis riset sumber daya alam lokal berdaya saing yang mampu menghasilkan iptek berdaya saing internasional, mendukung kegiatan pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berbasis riset sumber daya alam lokal dalam rangka membangun budaya, social dan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam dan luar negeri dalam untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Melaksanakan tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

TUJUAN DAN SASARAN FAKULTAS MIPA

Penyusunan rencana strategis FMIPA Unram adalah terwujudnya Visi dan Misi FMIPA Unram dengan tujuan,

Tujuan :

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu bersaing baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional.
  2. Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu mengeksplorasi dan memanfaatkan sumber daya alam lokal.
  3. Menghasilkan lulusan berdedikasi tinggi dan inovatif, yang mampu megikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan dapat mengaplikasikannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma pendidikan tinggi yang berkualitas
  5. Membangun suatu sistem tata kelola asset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola pendidikan tinggi yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang berkualitas

Sasaran :

Dengan visi “menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berbasis riset sumberdaya alam lokal berdaya saing internasional pada tahun 2025”, maka sasaran dari visi tersebut adalah :

  1. Tercipta dan terlaksananya suatu sistem pendidikan tinggi berstandar mutu nasional yang berbasis riset sumberdaya alam lokal yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, profesional dan berwawasan global, sehingga mampu bersaing baik di tingkat nasional, regional,maupun internasional.
  2. Terlaksananya kegiatan riset Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam berbasis sumberdaya alam lokal, yang menjadi rujukan untuk pemecahan masalah di masyarakat dan mendukung proses pembelajaran, sehingga menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang mampu mengeksplorasi dan memanfaatkan sumber daya alam lokal.
  3. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset MIPA yang memberikan kontribusi secara signifikan dalam memecahkan berbagai persoalan yang timbul di masyarakat, mendorng pertumbuhan ekonomi, dan membangun sosial serta budaya masyarakat Indonesia.
  4. Terciptanya jaringan kerjasama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang berkualitas.
  5. Terciptanya suatu sistem tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola perguruan tinggi yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang