previous

September 2015

next

Sejarah Fakultas MIPA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Mataram dibentuk pada tanggal 25 Agustus 2007 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram nomor 10.147/H18/HK/2007. Fakultas MIPA yang terbentuk terdiri dari empat program studi, yaitu Biologi, Fisika, Kimia dan Matematika.

Proses pembentukan Fakultas MIPA Universitas Mataram secara formal dimulai pada tahun 1989, yaitu pembentukan Unit Pelayanan dan Pengkajian Ilmu-ilmu Dasar (UPPID) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Unram No. 136/PT21.H /H.01.12/1989 tanggal 4 Januari 1989. Secara khusus UPPID Universitas Mataram bertugas menyiapkan pembelajaran ilmu dasar di Universitas Mataram. Sebagai tindak lanjut dari kebijakan tersebut, Unram membangun fasilitas laboratorium dasar (Laboratorium Biologi, Kimia dan Fisika), yang diikuti dengan pemusatan praktikum ilmu-ilmu dasar di UPPID, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Pertanian, Peternakan, KIP dan Teknik yang memprogramkan ilmu dasar tahun pertama. Lima tahun kemudian yaitu pada tahun 1994, bidang tugas UPPID diperluas, tidak saja sebagai unit pengkajian, tetapi juga sebagai unit pengembangan ilmu-ilmu dasar, dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram No. 7796/PT21.H/H.01.12/1994, tanggal 31 Agustus 1994.

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mataram Rektor No. 10933/ J18.H/HK.01.11/1996, tanggal 8 Nopember 1996, Rektor Universitas Mataram mengubah status UPPID menjadi Unit Pelayanan Teknis Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (UPT-MIPA), dengan memperluas cakupan tugas dalam bidang penelitian ilmu dasar, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di lingkungan Universitas Mataram.

Sebagai tindak lanjut dari kebijakan tersebut, Unram terus berupaya meningkatkan fasilitas laboratorium yang dikoordinir oleh UPT-MIPA, tidak saja laboratorium-laboratorium dasar untuk menunjang kegiatan praktikum ilmu dasar, tetapi juga pengembangan fasilitas laboratorium penelitian seperti Laboratorium Kimia Analitik dan Laboratorium Immunobiologi dengan fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang program penelitian staf pengajar. Selain itu, jumlah dan kualifikasi staf dan teknisi terus ditingkatkan, baik melalui program pasca sarjana maupun pelatihan. Upaya ini dimaksudkan sekaligus sebagai persiapan pembukaan FMIPA Unram.

Berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No 2290/DT/2001 tanggal 4 Juli 2001, Unram telah membuka Program Studi Biologi dan mulai menerima mahasiswa sejak tahun akademik 2002/2003. Menyusul Program Studi Biologi, Program Studi Matematika, Fisika dan Kimia juga telah dibuka di Unram Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 1192/DT/2006, tanggal 10 Juli 2006. Sejak tahun akademik 2006/2007 ketiga program studi tersebut mulai menerima mahasiswa baru, dengan struktur organisasi berada di bawah Rektor Universitas Mataram. Kondisi struktur organisasi tersebut tentu menimbulkan berbagai hambatan, baik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, maupun dalam pelaksanaan tridarma pendidikan tinggi secara keseluruhan.

Untuk itu, pada tanggal 25 Agustus 2007 Rektor Unram membubarkan UPT-MIPA berdasarkan surat keputusan dengan nomor 10578/H18/HK/2007, dan pada tanggal yang sama membentuk Fakultas MIPA dengan SK bernomor 10.147/H18/HK/2007. Fakultas MIPA yang terbentuk terdiri dari empat program studi, yaitu Kimia, Fisika, Matematika dan Biologi. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terus dilakukan antara lain dengan meningkatkan jumlah staf dosen, staf laboran dan staf tenaga kependidikan maupun peningkatan kompetensi dosen dengan mengirinkan dosen-dosen untuk studi lanjut. Peningkatan sarana dan prasarana terus dilakukan yaitu dengan meningkat peralatan laboratorium guna menunjang proses pembelajaran dan penelitian.

Pada tahun 2011 keempat program studi di FMIPA Universitas Mataram mengajukan status akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Berdasarkan penilaian portofolio dan visitasi untuk menilai proses manajemen akademik, proses pembelajaran dan saran/prasarana pendidikan keempat program studi tersebut yaitu program studi biologi, program studi fisika, program studi matematika (SK BAN-PT No 49 tahun 2012) dan program studi kimia (SK BAN-PT No 50 tahun 2012) memperoleh status akreditasi B.

Rekonstruksi kurikulum dalam rangka mengantisapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dilaksanakan pada tahun 2011 dan mulai diterapkan pada tahun akademik 2102/2013. Dalam rekonstruksi kurikulum ini disepakati untuk memperkuat dasar-dasar bidang MIPA untuk keempat program studi dan pendidikan karakter. Hal ini tercermin pada perombakan mata kuliah semester 1 dan 2 dengan dilaksanakannya Tahun Pertama Bersama (TPB) dan merekonstruksi mata kuliah pada semester selanjutnya yang sesuai dengan visi misi fakultas MIPA yang berbasis pengembangan sumber daya alam lokal.

Seiring dengan adanya Visi baru Universitas Mataram untuk menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional pada tahun 2025 maka pada tahun tahun 2016 dilakukan rekonstruksi kurikulum. Tahun Pertama Bersama dengan menitik beratkan pada perkuatan mata kuliah dasar MIPA dan Pendidikan Karakter tetap dilaksanakan bahkan dilaksanalan oleh seluruh program studi bidang saintek langsung di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mataram. Sedangkan mata kuliah lanjut beserta silabinya mulai semester III hingga semester VII serta mata kuliah pilihan menuaikan disesuaikan dengan KKNI dan Visi Universitas Mataram yang baru.